Selasa, 05 Januari 2010

Bekal Menjadi Gubernur

Ketika Umar bin Khathab mengangkat Umair bin Sa’id sebagai gubernur di wilayah Homs, maka Umar mengatakan:
“Apa saja bekal dan perabot yang kau bawa ke sana sebagai penunjang kehidupanmu, wahai Umair?.”
“Aku telah mempersiapkan tongkat yang akan aku pakai bertelekan dengannya, juga sebagai pengusir ular jika saja aku menemuinya. Tidak lupa pula aku membawa geriba kulit yang akan sebagai tempat bekalku, juga sebuah mangkuk untuk tempat makanku dan sebagai alat mencibuk air ketika aku mandi dan membasuh pakaian. Tidak terlupakan aku juga membawa tempat air minum sebagai persiapan ketika aku haus disamping untuk berwudhu guna menjalankan shalat. Adapun duniawi yang lain, itu hanya sebagai pelengkap saja.” begitu jawab Umair.
“Sikapmu itu sudah benar. Semoga rahmat Allah selalu menyertaimu, wahai Umair.” sahut Umar lebih lanjut.

■■■

Tidak ada komentar:

Posting Komentar