Sabtu, 16 Januari 2010

Cara Menyimpan ASI

Sabrina bekerja di perusahaan swasta dan sedang hamil 7 bulan, Sabrina berniat memberikan A5I eksklusif kepada anak Sabrina nanti. Bagaimana cara menyimpan ASI yang sudah diperas? Misalkan nanti ASI yang baru diperas ini dimasukkan dalam plastik kemudian diletakkan di kulkas di kantor. Lama perjalanan Sabrina menuju rumah sekitar 1 jam. Bagaimana kondisi ASI saat suhunya berubah selama di perjalananan? dan apakah masih layak diberikan pada bayi atau ada cara yang aman membawa ASI ini pulang ?
Itu semua ada solusianya! Para ibu bekerja tetap bisa sukses memberikan ASI ekslusif, dengan cara menabung ASI perahan. Sebaiknya menabung ASI dilakukan minimal 1 bulan sebelum kembali ke kantor. Ketika kembali ke kantor, tetaplah memerah ASI minimal 4 kali sehari. ASI perahan bisa disimpan dalam kantong plastik bersih sejenis plastik kiloan, lalu dibekukan dalam freezer di kantor untuk di bawa pulang. ASI yang dibekukan dapat bertahan selama 6 bulan.
Perubahan suhu selama perjalanan ke rumah bisa disiasati dengan menggunakan "cooler box" atau yang paling mudah menggunakan kotak stereofoam seperti yang digunakan abang sayur untuk menyimpan ikan jualan. Kotak ini tidak mahal, dan bisa menjadi alternatif pengganti termos untuk menjaga kondisi ASI tetap beku. Sampai di rumah, ASI langsung dimasukkan ke dalam freezer untuk penyimpanan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar