Sabtu, 16 Januari 2010

Produktivitas ASI Menurun

Seorang ibu yang bernama Mardhiah menanyakan:
Saya seorang ibu rumah tangga, punya bayi usia 3 bulan. Selama ini saya hanya memberikan ASI saja, tetapi saya rasakan produksi ASI semakin menurun. Payudara saya. sudah tidak terasa penuh lagi. Ketika saya perah, ASI yang keluar tidak banyak. Padahal saya ingin sekali memberikan ASI eksklusif dan menyusui sampai 2 tahun. Bagaimana caranya supaya produktivitas ASI kembali banyak?
Jawab
Ibu Mardhiah, di awal kehadiran bayi, atau pada 3 bulan pertama secara alami ASI akan di produksi berlebih sesuai dengan kebutuhan bayi untuk meningkatkan berat badannya. Bila ingin mengetahui apakah bayi sudah c'ukup minum ASI, kita bisa melakukan sebuah tes sederhana yaitu memeriksa apakah pipis bayi lebih dari 6 X dalam sehari. Bila iya, pertanda bahwa si bayi sudah cukup ASI. Namun, tes ini hanya berlaku bila bayi masih minum ASI saja, atau ASI Ekslusif.
Ibu Mardhiah harus percaya diri bahwa ASI-nya pasti cukup, karena dengan percaya diri dan tidak khawatir, maka produksi ASI tidak terganggu. Makanlah dengan gizi seimbang, perbanyak makan sayuran hijau atau makanan lain yang mengandung kalsium tinggi. Namun sebelumnya, rasa "percaya diri" bahwa ibu mampu dan ASI pasti cukup harus terus ditanamkan dalam hati. Semoga sukses memberikan ASI ekslusif dan meneruskan hingga 2 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar