Kamis, 07 Januari 2010

Nasehat Ibnu Samak

Pada suatu hari Ibnu Samak bertandang ke sebuah istana kerajaan dengan membawa kendi yang masih terisi air minum. Dan setelah ia bertemu dengan khalifah, maka segera saja khalifah itu meminta agar Ibnu Samak sudi memberi nasehat agar kehidupan Baginda selalu menapak ridha Allah. Namun Ibnu Samak malah mengajukan sebuah pertanyaan:
“Jika saja Baginda terserang haus menghebat, padahal tidak lagi ditemukan air sedikitpun kecuali air yang saya bawa ini. Adakah Baginda akan mau membelinya dengan seluruh harta Baginda?.”
Setelah sejenak berfikir, Baginda pun lantas mengatakan:“Ya, terpaksa saya akan membeli kendati dengan seluruh hartaku.”
“Kalau sampai terpaksa sehingga air itu tidak terbeli kecuali dengan menyerahkan seluruh kerajaan Baginda. Adakah hal itu akan sanggup Baginda lakukan?.” begitu kejar Ibnu Samak lagi.
“Kalau keadaannya memang memaksa, ya terpaksa saya lakukan.” begitu jawab baginda diplomatis.
“Kalau begitu, Baginda jangan merasa puas dengan kerajaan yang harganya ternyata tidak lebih dari sekendi air ini.” begitu jawaban Ibnu Samak sehingga Baginda semakin tak berdaya.


■■■






















.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar