Selasa, 29 Desember 2009

Keutamaan Menikah

Keutamaan Menikah

Seorang Abid yang bernama Abdullah mengatakan:
“Ketika pada awal aku menapak jalan sufi ini setiap hari aku disibukkan oleh syahwat penisku. Derita menahan syahwat itu seakan tidak tertanggungkan lagi sehingga sering setiap malam aku berteriak-teriak memanjatkan do’a kepada Allah agar panasnya syahwat itu dapat dileraikan. Maka pada suatu malam aku bermimpi melihat seorang lelaki yang mengatakan kepadaku:
“Mengapa kau berteriak-terik seperti orang gila begitu?”.
“Aku segera mengutarakan penderitaan syahwatku yang tidak tertanggung itu”.demikian kata Abdullah.
“Cobalah kau maju sedikit!”. begitu ia menuruhku.
“Aku pun segera maju. Kemudian lelaki itu manaruhkan tangannya ke dadaku sehingga rasa dingin terasa merayap ke dalam hatiku kemudian merambah ke seluruh tubuhku. Ketika bangun pagi, syahwat itu seakan telah hilang. Ketenteraman ini berlangsung sampai satu tahun. Namun ketika menginjak tahun berikutmnya, syahwatku itu tampak kambuh lagi sehingga setiap malam aku kembali berteriak-teriak memanjatkan do’a agar penderitaan itu terobati. Maka lelaki itu datang lagi dalam mimpiku seraya mengatakan:
“Apakah kau suka jika syahwatmu itu hilang, namun lehermu yang akan menjadi taruhannya”. tawar lelaki itu delemmatis.
Namun karena aku sudah tidak mampu lagi untuk menhan syahwat, segera saja aku mengatakan “Ya, silahkan kau menebas leherku”.
“Silahkan sekarang kau julurkan lehermu”. pinta lelaki tersebut.
“Aku segera menjulurkan leher. Ketika itu ia langsung menghunuskan pedang dari nur dan menebas leherku. Maka ketika aku bangun pagi, syahwat itu tampak sudah mereda dan seakan hilang tanpa bekas. Hal ini aku jalani sampai genap setahun. Namun menginjak tahun berikutnya, ternyata syahwat itu kembali lagi, malah lebih dahsyat ketimbang tahun-tahun yang lalu. Hal ini menjadikan diriku seakan sulit dikendalikan lagi, dimana aku betul-betul kebingungan dibuatnya. Maka pada suatu malam aku bermimpi bertemu dengan lelaki itu lagi, ketika itu seakan dia berada di dekat lambung dan dadaku seraya mengatakan:
“Betapa celaka dirimu, sudah berapa kali kau memohon kepada Allah untuk menghilangkan syahwat, padahal Dia tidak menghendaki yang demikian itu”.
“Setelah aku pikirkan dengan cermat, tampaknya tiada obat yang paling mujarab terkecuali harus kawin. Maka pada tahun itu pula aku segera mencari pasangan hidup dan menikah. Ternyata setelah aku menikah syahwat itu dapat terobati dan kehidupanku malah tampak normal dengan tanpa mengurangi aktivitas ibadahku.
Ternyata perkawinan dalam suatu sisi memang dapat mencegah perbuatan yang terlarang dan mengobati penderitaan batin.
Sa’id bin Musaiyab mengatakan:
“Jika saja Iblis itu telah berputus asa untuk menjerumuskan seseorang, ia mesti datang menggodanya dengan memakai umpan seorang wanita”.

o0o

Tidak ada komentar:

Posting Komentar