Senin, 04 Januari 2010

Selalu Waspada

Dikisahkan oleh Isa bin Malik Al-Khaulani yang terkenal sebagai abid itu bahwasannya seorang Rahib berdiri seakan terpaku di dekat pintu Baitul Muqaddas dalam keadaan susah dan bingung sehingga air matanya tidak henti-hentinya mengalir deras. Ketika itulah Isa Al-Khaulani mengatakan :
“Wahai Rahib, nasehatilah diriku dengan sebuah nasehat yang tentu saja akan aku cermati dengan baik !”.
“Wahai saudaraku,”kata si Rahib, “Apa yang harus aku nasehatkan kepadamu. Begini saja, posisikanlah dirimu seakan semisal orang yang sedang dilingkupi oleh hewan-hewan liar. Dengan demikian kau akan termasuk orang-orang yang masih mempunyai rasa takut kepada Allah, dimana kau selalu khawatir jika saja hewan-hewan itu akan menerkam dirimu. Atau kau memang betul-betul lalai sehingga hewan-hewan itu benar-benar menerkam dirimu. Sekali lagi posisikanlah dirimu sebagai orang yang takut kepada Allah, kendati banyak orang ayang sudah tidak memiliki rasa takut lagi, dan kendati orang yang tertipu masih bergelimang dengan kegembiraannya.”
“Setelah itu,” kata Al-Khaulani, “Rahib tersebut berpaling meninggalkan diriku, namun segera saja aku bertanya lagi:
“Wahai Rahib, tambahkanlah nasehat tuan, siapa tahu akan memberi manfaat kepada diriku lebih banyak!.”
“Itu saja sudah cukup, sebab jika saja orang itu dalam keadaan haus, maka cukuplah ia meminum air sedikit. Akan lain dengan hati yang kesat, dimana nasehat-nasehat yang diumpankan akan selalu kembali kepada yang memberikannya.” begitu nasehat Rahib itu disampaikan terakhir.


■■■

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar