Senin, 04 Januari 2010

Ucapan yang Didengar Allah

Ia dikenal sebagai wanita yang berani menyampaikan kebenaran dan meluruskan berbagai penyimpangan dengan kata-katanya yang indah dan tersusun rapi. Baik suaminya yang bernama Aus bin Shamit bin Qais atau Khalifah Umar bin Khattab pun pernah ditegur oleh Khaulah. Padahal sejarah mencatat, kedua laki-laki ini memiliki kepribadian yang keras, sehingga banyak orang yang segan kepada mereka.
Suatu kali, tatkala ia mengingatkan suaminya, Aus bin Shamit, suaminya itu tampak murka. Serta merta muncullah kalimat dari mulut Aus, "Bagiku engkau seperti punggung Ibuku." Buat Khaulah perkataan ini sudah melampaui batas, sehingga ia menolak saat Aus menginginkan dirinya.
Namun Khaulah ingin mendapatkan kepastian hukum terhadap kebenaran sikapnya itu, maka ia pun menyampaikan masalah tersebut kepada Rasulullah. Rasulullah membenarkan sikap Khaulah. Kalimat seperti itu telah menyatakan bahwa Khaulah haram bagi suaminya. Tapi Khaulah pun merasa berat jika harus bercerai dari suaminya. Sehingga akhirnya dia berdoa kepada Allah, agar memberikan solusi terhadap masalahnya ini. Subhanallah, ternyata Allah mendengar perkataan Khaulah. Allah menurunkan firman melalui Rasul-Nya, bahwa pasangan ini dapat hidup bersama kembali, asalkan sang suami menarik perkataannya dan mau memenuhi sejumlah syarat yang Allah tetapkan. Momen ini pun tercantum dalam QS Mujaadilah: 1- 4.
Karena peristiwa ini Khaulah makin disegani, kata-katanya pun didengar oleh banyak orang, bahkan Amirul Mukminin saat itu, Umar bin Khattab pun sangat segan padanya. Suatu ketika, pemimpin kaum Muslimin itu dinasehati oleh Khaulah. Dengan santun Umar mendengarkan dan menerima sarannya. Umar berkata:
"Jika Allah saja mendengar perkataan wanita ini, maka Umar lebih berhak mendengarkan perkataannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar