Sabtu, 26 Desember 2009

Atasi Ambeien tanpa Operasi



Banyak orang diperkirakan pernah terganggu ambeien. Menurut statistik, 50-90% orang pernah mengeluh mengalami ambeien selama kehidupannya. Ambeien adalah suatu keadaan dimana terjadi pembesaran/pelebaran pembuluh darah vena di daerah bagian atas anus, yang disebabkan oleh pergeseran rhukosa usus yang mengandung pembuluh darah ke arah anus dan disertai pembengkakan. Kondisi ini akan menyempitkan rongga anus sehingga penderita mengalami kesulitan buang air besar.

v Gejala Ambeien
Ambeien sering disebut Hemoroid. Masyarakat mengenalnya sebagai wasir. Gejala utamanya adalah perdarahan, pembengkakan, dan nyeri pada leher anus setiap kali penderita buang air besar maupun tidak.
Menurut berat ringannya, gejala ambeien dapat diklasifikasikan dalam empat tingkat. Pertama, yang ringan ditandai dengan perdarahan. Kedua, perdarahan disertai pembengkakan yang dapat masuk kembali secara spontan. Ketiga, perdarahan disertai pembengkakan yang hanya masuk kembali bila tangan penderita "turun" untuk mendorongnya masuk. Keempat, perdarahan makin banyak dan pembengkakan sudah menetap (tidak lagi bisa masuk).
Faktor-faktor yang dapat menimbulkan ambeien: keturunan, iklim, usia, jenis kelamin, kegemukan, kehamilan dan lamanya penggunaan suppositoria (obat ambeien berbentuk peluru yang dimasukkan ke anus). Makanan juga memegang peranan penting misalnya makanan dengan serat rendah dan karbohidrat tinggi, akan menyebabkan kesulitan buang air besar atau sembelit. Sebaliknya makanan berserat dapat merangsang gerakan peristaltik usus sehingga melancarkan buang air dan mengurangi resiko timbulnya ambeien.

v Teknik Baru
Para dokter ahli bedah selama ini menempuh beberapa cara untuk menangani ambeien. Tapi, cara apapun selalu dihindari oleh penderita. Mereka tidak mau dioperasi karena sakitnya luar biasa. Belum lagi waktu yang terbuang lebih dari dua minggu untuk masa persiapan dan setelah operasi.
Untuk mengatasi masalah tersebut telah hadir Procto Center Indonesia yang memperkenalkan teknik baru untuk mengobati ambeien. Teknik TUDHAL (Transproctoscopic Ultrasound Doppler Haemorrhoidal Artery Ligatipn) ini diperkenalkan para ahli di Australia dan Jepang sejak 1996. Dengan metode ini penanganan ambeien dilakukan tidak lebih dari 15 menit!
Tindakan model ini tidak membutuhkan persiapan khusus dan penderita bahkan tidak perlu dibius dulu. Juga tidak perlu perawatan di rumah sakit. Selesai tindakan pasien langsung pulang dan bekerja kembali seperti biasa.
Selain itu metode ini akan memberikan rasa nyaman karena bebas rasa nyeri, bebas perdarahan, bebas rasa gatal, bahkan tanpa ada lagi pembengkakan. Hampir tidak ada komplikasi dan angka keberhasilan hampir 90 %. Procto Center Indonesia yang merupakan jaringan Procto Center International yang berpusat di Sidney, Australia.

1 komentar: