Kamis, 24 Desember 2009

Keindahan Calathea di Lahan Sempit

Keindahan Calathea di Lahan Sempit



Karena hanya memiliki lahan sempit, jenis tanaman dan berbagai ornamen tidak dapat sembarang diletakkan. Karena dapat memberi kesan yang lebih sempit lagi. Biasanya taman ini luas sekitar dua hingga enam meter persegi.
Untuk membuat taman minimalis, ada beberapa karakter yang perlu diperhatikan agar kesan sempit tidak terlalu terlihat. Bangunan gaya minimalis pada umumnya bertingkat dengan bentuk kotak atau geometris.
Kedua bentuk ini menimbulkan kesan yang kaku. Keberadaan taman ini berfungsi untuk mengurangi kesan kaku yang ada. Untuk itu disarankan taman minimalis sebaiknya menonjolkan aksen natural dengan material yang tidak terlalu banyak.
Terutama jika bangunan rumah memiliki jendela yang berukuran besar. Selain itu, aspek kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah sangat perlu diperhatikan saat membuat taman minimalis. Hunian minimalis yang sempit juga membutuhkan pasokan oksigen yang lebih. Kebutuhan oksigen untuk penghuninya dapat dipasok dari proses fotosintesis tanaman hijau.
Untuk taman minimalis disarankan memperbanyak tanaman hijau dan air. Karena oksigen juga diperoleh dari unsur air bisa menghadirkan kolam dengan air terjun atau pancuran.
Mengenai posisi, taman minimalis sangat fleksibel. Dapat ditempatkan di bagian depan, belakang, pojok, samping bahkan di dalam rumah. Jika penghuninya menyukai unsur air maka dapat menempatkan taman minimalis bertema taman air di bagian depan rumah.
Jika taman ditempatkan di bagian belakang rumah, disarankan membuat desain yang lebih sederhana. Hindarkan bentuk-bentuk yang menyerupai gunung karena dapat menimbulkan kesan sempit. Jika ingin menghadirkan rumput, sebaiknya pilih yang berdaun kecil dan halus seperti rumput Peking. Lain halnya untuk taman minimalis di dalam rumah. Taman indoor ini biasanya terletak di ujung tangga.
Untuk taman minimalis outdoor, di antaranya calathea majestic dengan daunnya yang berwarna hijau segar yang sering menghiasi tepi kolam.

Untuk jenis tanaman berbunga juga masih banyak pilihan. Seperti kembang merak, alamanda, trompet, melati dan kemuning. Tidak hanya indah, bunga kemuning yang mungil ini memiliki wangi yang dapat mengharumkan taman.
Bahkan jika bunga ini ditanam di dekat carport, bunga ini dapat berfungsi sebagai pembatas atau pagar. Selain itu tanaman sri rejeki dan anthurium juga cocok untuk mewarnai taman minimalis.
Namun tidak hanya sebatas pada tanaman hias, tanaman buah juga dapat ditampilkan di taman ini. Namun tidak sembarang tanaman buah, sebaiknya pilih pohon yang bersosok ramping dan tumbuh secara vertikal.
Tanaman tersebut dapat berupa pohon ceremai, srikaya dan delima. Tanaman yang menjulang seperti glodok tiang atau cemara lilin dapat juga dijadikan sebagai penghias taman.

v Calathea Berbunga Indah
Keindahan Calathea basanya terletak pada daunnya. Calathea leosenerii ini lain. Bunganya pun indah, berwarna putih keunguan atau merah muda, tampak kontras dengan daunnya yang hijau cerah atau gelap mengkilap.

Calathea ini berasal dari daerah tropika lembap, dan banyak ditemukan di Long-wood Garden, Kennett Square, Pennsylvania, Amerika Serikat. Bunganya berwarna putih dengan tepi agak merah muda keunguan. Berbentuk bintang bersudut 8 atau 10 dengan diameter antara 5 - 6 cm, Tangkainya panjang (12 - 30 cm), berwarna cokelat kehijauan, mencuat tinggi dari sela-sela tangkai daun puncak tajuknya.
Daunnya pun elok. Berwarna hijau tua mengkilap seperti dilapisi minyak. Permukaannya tidak rata, bentuknya oval melancip di kedua ujungnya. Pada tangkainya yang kuat terdapat rambut-rambut halus berwarna kecokelatan.
Kalatea dari Hawaii lain lagi. Warna bunganya agak kemerahan, mahkotanya sedikit lebih lebar, namun ukurannya lebih kecil. Tangkai bunganya pun lebih pendek, berwarna cokelat gelap. Daunnya berwarna hijau gelap sedikit terang di bagian tengahnya. Ukurannya lebih pendek, sehingga tampak membulat. Secara keseluruhan, tanaman itu tampak lebih pendek dari Calathea yang berasal dari Bangkok. Bunganya muncul saat tanaman berumur setengah tahun dan bisa tahan sampai 4 bulan pada tanaman.

v Media tak boleh basah

Perbanyakan Calathea ini dengan pemisahan anakan yang jumlahnya bisa 1 - 4 tergantung pada kesuburan media. Media tanam terdiri dari campuran pupuk kandang, humus dan ditambah sedikit pasir supaya aerasinya baik, sebab tanaman ini tidak menghendaki media yang basah. Medianya perlu diganti lebih cepat saat tanaman berbunga, sebab tanaman ini rakus sekali pada kondisi itu. Penyiraman sebaiknya tidak dilakukan bila medianya masih basah.

Sebagai tanaman yang berasal dari daerah tropika lembap, Calathea leosenerii ini lebih cocok ditanam di tempat yang terlindung dari sengatan sinar matahari langsung daripada di tempat terbuka.

1 komentar:

  1. kunjungi forumnya orang yang suka berkebun , ada tanaman GRATIS setiap minggunya www.tanaman.id

    BalasHapus