Kamis, 24 Desember 2009

Sabar Karena Melati, Kenanga Usir Frustrasi

Sabar Karena Melati, Kenanga Usir Frustrasi


melati jayagiri

Aroma minyak murni berbagai tumbuhai ternyata bisa meredam nafsu amarah, mengatas depresi, mengurangi kesedihan, mengobati kekecewaan, dan menangkal stres yang disebabkan karena gaya hidup modern masa kini. Siapa tahu kini saatnya mencoba terapi aroma
Suatu malam presiden ke-16 AS, Abraham Lincoln (1809 - 1865) duduk tepekur di kamarnya. Sebagai kepala negara yang saat itu belum adikuasa ia toh senantiasa didera kelelahan psikis sampai mumet tujuh keliling menghadapi bermacam masalah yang muncul silih berganti setiap hari. Dalam kegelisahannya ia menulis; "Barangkali akulah kini orang paling menderita yang pernah hidup. Seandainya derita ini dibagi rata kepada semua warga Amerika, bisa jadi tidak akan ada wajah-wajah cerah di negara ini. Rasanya hanya ada dua pilihan yang harus aku putuskan, mati atau menjadi lebih baik."
Keluhan tertulis Lincoln itu kemudian terkenal dengan istilah "Penyakit Abad Dua Puluh" alias stres yang dalam perkembangannya justru lebih berbahaya daripada penyakit jenis apa pun yang sudah dikenal dunia kedokteran. Betapa tidak? "Makhluk" yang namanya terdiri atas lima huruf itu bisa menyerang siapa saja dan dari kalangan mana pun. Sebagian besar masyarakat sudah menyadari betapa stres dapat menjadi ancaman kesehatan yang serius. Bahkan kalau berlangsung terus-menerus dalam waktu lama akan jadi pemicu datangnya rombongan penyakit berbahaya lain seperti kanker, hipertensi, atau jantung koroner.


Perwujudan stres bisa beraneka ragam seperti rasa gelisah, marah-marah tak beralasan, bertingkah kejam, utau malah lesu, letih secara emosi, ketakutan, dan masih banyak lagi. Dalam taraf tertentu sebagian pakar menganggap stres memang perlu. Karena secara tak langsung meningkatkan kinerja adrenalin yang akan memompa energi sehingga bisa memacu kreativitas seseorang untuk meraih yang terbaik. Namun akan menjadi sangat berbahaya bila orang kemudian terkubur di dalamnya. Kalau sudah sampai begini, harus segera dilakukan tindakan.
Salah satu dari sekian banyak cara yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan stres, adalah melakukan relaksasi. Dalam kaitannya dengan inilah terapiaroma muncul sebagai alternatif yang tepat.

v Pengertian dan cara kerja
Lebih dari sekadar yang tersurat dari penggabungan dua kata (terapi dan aroma), terapiaroma merupakan bentuk pengobatan terhadap gangguan kesehatan fisik maupun psikis, memakai aroma minyak murni tumbuhan. Dari kajian atas beberapa jenis flora, minyak murni ini terbukti mengandung vitamin, hormon, anti-biotik, dan sel-sel yang mampu memperbarui jaringan tubuh dan energi serta melindungi kehidupan tanaman tersebut. Selain itu juga berfungsi memelihara kekebalan tanaman dari serangan penyakit dengan membunuh bakteri dan menetralkan virus. Nah, daya dan fungsi penyembuh itulah yang diambil untuk diterapkan pada manusia dengan mengekstraksikan minyak murni dari berbagai jenis flora.
Tidak begitu jauh bereda dengan pengolahan jejamuan tradisional yang ada di Indonesia, pengambilan aroma dan minyak tersebut dengan cara menyuling dari berbagai jenis bunga, tanaman, umbi-umbian, pohon, kulit tanaman, dedaunan, dan akar-akaran.
Yang jelas, terapi jenis ini sernakin digemari karena,dianggap lebih aman dan ulomi. Seiring dengan besarnya minat masyarakat, kini semakin banyak beredar bermacam produk terapiaroma dari berbagai jenis tumbuhan dengan beragam kegunaan, baik produk lokal maupun impor.

melati yang mekar
Meskipun tidak bisa menggantikan posisi pengobatan profesional yang dilakukan dokter, oleh kalangan pendukungnya terapi ini diakui sebagai pelengkap dari pengobatan medis. Peranannya yang tak kalah penting terutama sebagai pendorong mekanisme tubuh dalam proses penyembuhan diri.
Penerapan terapi ini pun amat sederhana dan mudah. Beberapa cara bisa dipilih sesuai selera. Mereka yang tidak mau bersusah payah, cukup hanya dengan menghirup langsung aroma minyak murni melalui hidung. Dengan begitu baunya terbawa ke saraf penciuman. "Pengertian aroma atau bau ini memang sulit dipahami. Namun perilakunya amat spesifik dan berbeda dengan tipe stimulasi sensorik jenis lain. Yang jelas, bau atau aroma seperti halnya setiap sensasi kenikmatan, akan melepaskan zat seperti endorphins yang digunakan untuk memerangi stres," ujar Marcel Lavabre, penulis buku. Aromatheraphy Workbook.
Kita semua tahu, saraf penciuman adalah satu-satunya saluran yang terbuka menuju otak. Melalui saraf ini aroma tersebut akan mengalir ke bagian yang melingkari otak sehingga mampu memicu memori terpendam dan mempengaruhi tingkah laku emosional yang bersangkutan. "Ini bisa terjadi karena aroma tersebut menyentuh langsung pusat emosi dan kemudian bertugas menyeimbangkan kondisi emosional," tambah Michael Scholes, presiden Aroma Theraphy Seminar, Los Angeles.
Gambaran sederhananya begini. Bila seseorang dilanda stres atau gelisah tak berkeputusan, ia pasti juga merasa tidak aman. Dengan menghirup aroma minyak murni yang segar seperti mawar atau melati, perasaan tegang orang tersebut perlahan-lahan akan kendur. Paling tidak ia mampu bernapas dalam-dalam dan merasa lebih rileks. Selain misalnya dipergunakan sebagai parfum, pemakaian terapi jenis ini pun bisa dilakukan dengan cara menyemprotkan aromanya di ruangan.
Mengoleskannya pada permukaan kulit merupakan cara lain memperkenalkan terapiaroma ke dalam kehidupan Anda. Di kalangan kaum wanita yang demen ngadisalira, metode ini sudah lebih dulu dikenal. Akhir-akhir ini kosmetik dengan terapiaroma sudah berkembang pesat dalam bermacam bentuk dan kegunaan, misalnya yang diramu sebagai pembersih kulit, pelembap, sabun mandi, pewangi tubuh, serta produk perawatan rambut.
"Minyak murni dari bunga yang indah dan lembut, seperti melati, mawar, kenanga, legetan memiliki aroma yang menyentuh dan menyimpan kekuatan tersembunyi untuk menyeimbangkan kekuatan emosi," kata Scholes. "Mawar memupuk rasa percaya diri. Legetan membangkitkan kreativitas wanita. Melati memberikan kesabaran yang sempurna. Sementara kenanga meredakan kemarahan dan frustrasi."

harunmnya kenanga
Mandi terapiaroma juga dapat mengenyahkan rasa gelisah dan ketegangan. Caranya? Campurkan beberapa tetes minyak terapiaroma ke dalam air yang akan dipakai mandi. Lima tetes campuran minyak melati, kenanga, dan cendana dicampur dengan 1g. minyak jojoba, akan memberikan kepuasan dan kesegaran bagi tubuh Anda. Bayangkan, guyuran air bia-sa pun sudah cukup menye-garkan tubuh, apalagi kalau dicampur beberapa tetes minyak penenang jiwa.
Hal yang sama juga berlaku pada metode pemijatan misalnya. Dengan menambahkan minyak beraroma tertentu pijatan-pijatan lembut akan membuat rasa pegal dan linu hilang.
Schnaubelt, seorang direktur Institut Aromaterapi Pasifik, San rafael, Kalifornia mengatakan, “Kalau Anda memanjakan diri dengan wewangian dan produk untuk merawat diri, itu berarti Anda amat menyayangi tubuh. Demikian kata orang bijak. Para peneliti membuktikan bahwa orang yang berada di lingkungan yang beraroma enak dan wangi mempunyai rasa percaya diri yang tinggi. Bila kita mengakui bahwa naik-turunnya hormon menjadi pemicu masalah emosional, maka ke-seimbangan keduanya merupakan kunci kesehatan manusia. Itulah sebabnya minyak murni dapat membantu menghilangkan gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh ketidakseimbangan hormon," tegas Schnaubelt.
Dengan efek relaksasi pada sistem saraf pusat, terapi ini mampu menghilangkan dan membebaskan ganjalan baik yang bersifat fisik maupun emosi. Bahkan ketika masuk ke dalam sistem sirkulasi, aroma ini mampu mempengamhi kadar pH serta daya konduksi cairan tubuh. Di samping juga akan menstimulasi dan mengkonsentrasikan daya penyembuh yang ada dalam tubuh manusia.
Belakangan, para pakar malah mengembangkan campuran dari berbagai hasil riset, resep jejamuan kuno serta praktek aromaterapi modern. Hasilnya menunjukkan, beberapa minyak murni tumbuhan tertentu bisa untuk mengobati berbagai penyakit. Selain itu kombinasi dari berbagai minyak murni tersebut menimbulkan efek sinergis yang lebih ampuh.
v Aroma multiguna
Apabila Anda sedang dilanda cinta, terapiaroma akan meningkatkan imajinasi sensualitas sekaligus seksualitas Anda bersama pasangan. Apalagi aroma minyak murni dari bunga lavender, minyak jeruk keprok, dan bunga legetan sudah lama dikenal orang sebagai sarana mencapai euphoria.
Meningkatnya seksualitas tentu akan menimbulkan perasaan gembira yang bisa melupakan stres. Dalam hal ini aroma bunga melati, kenanga, cendana serta minyak nilam bisa menambah kenikmatan seksual. Contohnya, dengan menambahkan lima tetes minyak murni aroma melati dan lima tetes legetan dicampur 12 g minyak jojoba sebagai parfum, para wanita bisa membuat suami terpikat. Sementara itu kaum lelaki dapat "membahagiakan" istri dengan mengkombinasikan lima tetes aroma cendana, dua tetes aroma jeruk, minyak nilam, melati, dan tiga tetes legetan yang dicampur dengan 25 g minyak jojoba. Ramuan terapiaroma ini dipakai sebagai cologne atau pewangi tubuh.

kenanga segar
Selain faedah di atas, terapiaroma terbukti cukup ampuh untuk mengatasi rasa takut. Ketakutan yang sering kali menjadi berlebihan bila sedang dilanda stres bisa dikurangi dengan bantuan aroma tertentu seperti minyak cendana, kayu cedar, dan nilam. Sedangkan, aroma minyak murni rosemary, kayu permen, jeruk, jeruk nipis dan bergamol dapat mencairkan dan meringankan depresi. Untuk kebutuhan pribadi, campurkanlah 5 tetes, masing-masing dari rosemary, pepermin, 2 tetes jeruk nipis ke dalam minyak jojoba. Topi awas! Bila munculnya depresi diiringi energi yang berlebihan akan berbahaya. Agar tidak menjadi nafsu kecil tenaga besar, sebaiknya energi itu disalurkan, misalnya dengan mengerjakan banyak hal. Lain ceritanya bila Anda malah merasa malas, capek atau lamban. Untuk ini ada campuran yang dapat merangsang bangkitnya stamina. Pepermin, kayu cedar dan bergamot mampu memberikan rangsangan fisik. Namun jika rangsangan mental yang Anda perlukan, pakailah rosemary dan kemangi. Keduaanya akan menaklukkan kelemahan mental, ketegangan, dan meningkatkan kewaspadaan.
Terapiaroma juga bisa berfungsi untuk mengalihkan perhatian seseorang yang sedang pikiran negatif, misalnya kita tenggelam dalam kesedihan berkepanjangan akibat meninggalnya seorang yang dicintai atau kena musibah. Dengan terapiaroma fokus perhatian negatif bisa dialihkari ke hal-hal yang lebih positif. Untuk ini aroma mawar dan melati dapat membawa kegembiraan atau kenangan masa silam yang manis. Sedangkan wangi cendana dan kayu cedar akan mengurangi kebingungan dan perasaan-perasaan lain yang membuat gundah. Lavabre merekomendasikan 4 tetes mawar, 5 tetes bunga jeruk dalam 12 g jojoba, usapkan di seputar daerah jantung.
Nafsu amarah yang terpendam dan menumpuk di dalam dada sering kali menjadi amat berbahaya kalau suatu saat meledak. Nah, sebelum ini terjadi, ada baiknya kalau Anda coba menenteramkannya dengan terapiaroma. Campurkan 2 tetes minyak murni chamomile, 5 tetes masing-masing bunga jeruk dan marjoram ke dalam 12 g minyak jojoba.

marjoram
Ramuan ini bisa dihirup dan dinikmati. Tapi bila Anda memilih melakukannya dengan massage, gunakan 3 tetes bunga jeruk, 2 tetes chamomile dan masing-masing 5 tetes marjoram dan lavender yang diaduk dalam 25 gram minyak badam manis.
Kegagalan demi kegagalan kadang menyeret kita dalam kekecewaan yang pada gilirannya berakibat kurang percaya diri. Tapi pernahkah terpikirkan untuk minta tolong aroma mawar dan melati sebagai pelipur lara? Menurut para ahli, terapi aroma dapat membantu melegakan rasa kecewa itu.
Aroma bunga nilam, marjoram, dan legetan dapat meningkatkan atau membangun kembali kepercayaan dan harga diri itu. Dengan bantuan aroma ini, kita akan dapat lebih memfokuskan perhatian pada kelebihan, bukan pada kekurangan diri. Dengan menghirup aroma-aroma itu, kita akan diingatkan tentang banyak hal positif. Bahwa hidup kita sebenarnya tidaklah terlalu jelek. Bahwa suatu saat kondisi kita akan membaik.
Singkat kata, terapiaroma dapat melemahkan pukulan-pukulan psikologis dan serangan emosional yang sering harus kita rasakan dalam hidup. Para penganut terapiaroma mengajak kita memanfaatkan obat antistres asli dari alam! Sayang, tidak semua produk perawatan kulit mengandung minyak murni dan bermutu tinggi, atau memuat kandungan yang memadai untuk bisa dirasakan manfaatnya. Kita dianjurkan untuk mencari produk yang dapat diandalkan.

v Menggali Minat Pembeli
Manfaat aroma tak hanya untuk terapi. Buktinya, sejumlah pasar swalayan atau toserba di Eropa ataupun Amerika memanfaatkan terapi sejenis untuk mempengamhi perilaku pembeli. Bahkan kalangan pengusaha rela mengucurkan dana sampai jutaan poundsterling untuk diinvestasikan pada perangkat teknik dagang yang canggih dan inovatif guna mempengaruhi perilaku pembeli yang pada akhirnya diharapkan mendongkrak omzet penjualan.
"Kenaikan nilai penjualan sekarang ini bukan karena pembangunan toko-toko baru, melainkan lebih karena perbaikan teknik berdagang," begitu kata Richard Hyman, pimpinan sebuah perusahaan analis usaha eceran. Teknik dagang yang mereka pilih menggunakan cara-cara halus. Untuk menarik pengunjung datang, misalnya, digunakan teknik aroma marketing. Jadi, udara dalam ruang toko diberi aroma tertentu yang diembuskan lewat saluran lubang AC. Lebih dari 100 toko di Inggris, dari toko buku hingga pom bensin dan pasar swalayan menggunakan teknik ini. Bebauan itu bisa macam-macam, dari yang menggairahkan sampai aroma sentimental seperti bau bayi habis mandi. Pemakaiannya tergantung situasi dan tujuannya.
Selama bulan Desember, aroma puding Natal dan brendi merebak di udara sejumlah toko non-makanan. Lalu ketik masa Paskah tiba, di beberapa toko tercium bau coklat lezat yang tajam menusuk hidung. Sebuah kafetaria di Irlandia kini tengah mencoba memperkenalkan aroma wangi kopi pada beberapa cabangnya untuk memancing minat calon pelanggan.
Bau-bauan keluaran perusahaan Marketing Aromatics di London dirancang untuk bekerja pada tiga tingkatan. Pertama, membuat pengunjung rileks. Kedua, membangkitkan kenangan seperti halnya pemakaian minyak kelapa oleh agen-agen perjalanan untuk menciptakan suasana liburan musim panas. Lalu ketiga, memupuk kesetiaan pelanggan, misalnya dengan menciptakan aroma khas untuk menunjukkan identitas perusahaan itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar