Sabtu, 26 Desember 2009

Jantung Mesin Penggerak Tubuh



Berliter-liter darah beredar tanpa henti naik dan turun di sekujur tubuh. Setiap darah yang beredar di sepanjang tubuh pun memerlukan sebuah motor. Jantung.yang memutar darah kita siang malam selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Ia melakukan tugas seperti ini sepanjang hidup kita dan tidak pernah beristirahat
Jantung kita merupakan otot yang luar biasa kuat dan berdenyut sekitar 70 kali setiap menit, dan memompa 59 sentimeter kubik (3,6 inci kubik) darah di setiap denyutnya. Sebuah jantung yang berdenyut 2.500.000 kali dalam 70 tahun dan memompa kira-kira 152.000.000 (40 juta galon) darah dalam kurun waktu ini. Jumlah darah ini setara dengan bahan bakar yang dipompakan ke dalam tanki bahan bakar 10 pesawat jumbo jet Boeing 747 setiap tahun.
Jantung adalah sebuah pompa yang terbuat dari daging, yang kira-kira sama besarnya dengan kepalan tangan. Ia merupakan mesin terkuat, paling berdaya tahan, dan paling efisien di dunia jika kita melihat kemampuannya. Kita punya banyak alasan untuk mengungkapkan kekuatan jantung ini. Yang terpenting, jantung menggunakan sejumlah besar energi ketika berdetak. Dengan energi yang digunakan oleh jantung, darah bisa diangkat setinggi 3 meter. Mungkin akan membantu jika kita ambil contoh agar bisa dengan mudah memahami kemampuan jantung. Dalam satu jam jantung bisa menghasilkan sejumlah energi yang cukup untuk mengangkat sebuah mobil rata-rata setinggi satu meter ke atas.
Jantung hanyalah alat tubuh berbentuk otot sekepalan tangan, terdiri atas dua bagian. Ada dua pompa di setiap bagian ini. Pompa kiri, yang lebih kuat, menggerakkan darah kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Pompa kanan, lebih lemah dari bagian kiri dan memompa darah kaya oksigen ke paru-paru. Pengangkutan dari jantung ke paru-paru ini melalui jarak pendek, sehingga disebut dengan "peredaran darah pendek". Adapun pengangkutan ke seluruh tubuh disebut dengan "peredaran darah panjang".
Masing-masing bagian jantung ini dibagi lagi atas dua bagian lain. Darah di antara keduanya melewati bagian lain melalui katup (klep) jantung. Pompa ini bekerja tak kenal henti dengan sejumlah besar energi, sehingga darah bisa beredar di tubuh kita 1000 kali sehari. Tentu proses ini akan menjadi lancar kalau pembuluh darah selalu bersih. Kolesterol dalam tubuh berfungsi sebagai alat angkut lemak, bahan dasar asam empedu. Kalau timbunan kolesterol menumpuk pada dinding pembuluh darah, akibatnya saluran pembuluh darah menyempit, ini yang paling ditakuti orang, tersumbat. Peristiwa inilah yang mergundang munculnya penyakit jantung.

v Merawat Diri
Seperti halnya mesin, jantung, yang terus bekerja sepanjang waktu, juga memerlukan perawatan. Akan tetapi, jantung justru melakukan perawatan sendiri. Jantung "melumasi dengan oli" dirinya sendiri.
Bagaimana jantung melakukan pelumasan itu? Permukaan luar jantung tertutup oleh sebuah kantung yang terdiri atas dua selaput. Di antara kedua selaput ini ada cairan licin. Cairan ini berperan seperti oli motor dan mendukung kerja jantung yang lebih mudah. Bentuk perlindungan sendiri dalam jantung ini sekali lagi menunjukkan betapa sempurna dan lengkapnya daya seni Allah dalam penciptaan.
Namun demikian mesin vital ini seringkali error. Hal ini yang paling membahayakan, sebab dia merupakan organ pokok.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar