Kamis, 24 Desember 2009

Palem Pejibaye Dapat Dimakan

Palem Pejibaye Dapat Dimakan


Pejibaye (Peach Palm) seperti halnya kelapa dan tumbuh-tumbuhan dari keluarga Palmae lainnya mempunyai kegunaan yang sangat luas. Bila selama ini palm pejibaye lebih dikenal sebagai tanaman hias, maka kini la pun dllcenal juga sebagaI tanaman pangan. T anaman dengan tinggi sekitar 20 meter, yang menurut cerita bangsa Spanyol berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan bagian utara itu punya nama ilmiah Guilielma gasipaes. Tadinya ia lebih dikenal dengan nama Guilielma speciosa atau G. urilis.

v Karbohidrat dan Protein Tinggi
Buah Pejibaye atau Peach Palm ini berukuran antara 2-6 cm. Kulit dan daging buahnya berwarna hijau ketika muda dan berubah menjadi merah atau jingga terang setelah masak. Perubahan warna yang menandai kematangan buah biasanya memakan waktu 4-6 bulan. Mulai berbuah ketika tanaman berumur 4 tahun. Pada musim berbuah akan terlihat banyak tandan menggantung di pangkal batangnya.



Musim berbuah biasanya terjadi dua kali dalam setahun kalau kondisi lingkungannya menunjang. Bila tidak hanya satu kali setahun. Tandantandannya berisi lebih dari 300 buah palem dengan berat kurang lebih 12,5 kg. "Bahkan kalau buahnya lebat sekali berat tandannya bisa sampai 40 kg," tutur G. Hambali, seorang peneliti buah.
Selain banyak mengandung karbohidrat, pejibaye juga mengandung protein, lemak, mineral, dan vitaminvitamin terutama Vitamin A. Bahkan kata sebuah sumber kadar protein pejibaye 2 kali lebih tinggi daripada pisang. Rasa dan tekstur buah ini seperti buah berangan. Di Costa Rica, Brazil, Panama, Colombia, Peru, Venezuela, dan Ekuador, pejibaye biasanya direbus dalam air garam atau digoreng dahulu sebelum dikonsumsi.


Ada buah yang bisa dikupas kulitnya terlebih dahulu dan ada yang tidak. Saat panen sangat berlimpah pejibaye bisa direbus dan dijemur sampai kering. Dan dalam keadaan kering ia tahan disimpan sampai 6 bulan.

v Syarat Tumbuh
Pejibaye dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut, di daerah tropIs. Curah hujan 2.500 mm atau kurang, jenis tanahnya liat atau liat berlempung. Sebagai sumber karbohidrat alternatif, pejibaye dapat ditanam pada lahan yang tidak dimanfaatkan, misalnya pinggiran sungai atau kebun. Perkembangbiakannya dengar biji atau anakannya. Dan hama yang sering menyerang hanyalah tikus dan kelelawar yang merusak daun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar